Sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta terkenal sebagai kota yang super padat, kota yang jalanannya sering macet dan kota yang memiliki polusi udara paling tinggi di Indonesia. Tetapi siapa sangka kota super padat ini juga memiliki potensi wisata pantai yang indah. Mekipun tak seeksotis dan sepopuler pantai di Bali, namun tempat wisata pantai di Jakarta ini patut di acungi jempol.

Pasalnya, keberadaan tempat wisata pantai yang berada di tengah-tengah ataupun sekitaran Kota Jakarta ini seakan bisa menjadi tempat relaksasi sesaat bagi masyarakat yang penat dengan hiruk pikuk kota Jakarta. Nah buat kamu yang penasaran, berikut 10 tempat wisata pantai di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Let’s check it out guys!

1. Pantai Anyer

Tempat wisata pantai di sekitaran Jakarta diawali oleh pantai Anyer. Pantai Anyer berlokasi di Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang. Jaraknya yang berdekatan dengan kota Jakarta membuat pantai Anyer menjadi tempat favorit kebanyakan warga Jakarta untuk berlibur. Banyak yang menjadikan Pantai Anyer sebagai tujuan wisata karena pantainya yang indah dan memiliki fasilitas akomodasi yang cukup lengkap. Dari kawasan pantai ini, kamu bisa melihat Gunung Rakata, anak dari Gunung Krakatau menjulang di balik laut. Di Pantai Anyer juga terdapat mercusuar yang merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol merupakan tempat wisata pantai yang berlokasi paling dekat dari pusat kota Jakarta. Pantai satu ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang tidak pernah sepi pengunjung. Terletak tepat di daerah Pademangan, bahari Ancol ini tak hanya menghadirkan pemandangan indah saja namun juga berbagai fasilitas lengkap mulai tempat hiburan, restoran hingga cafe nongkrong. Di kawasan Ancol juga, terdapat akuarium raksasa bernama Seaworld yang memperlihatkan suasana alam bawah laut yang begitu indah dan menarik.

3. Pantai Perawan

Tempat wisata pantai di Jakarta selanjutnya adalah Pantai Perawan. Pantai Perawan terletak di Pulau Pari. Untuk mencapainya, kamu perlu menaiki speed boat sekitar 1 – 2 jam dari Dermaga Marina Ancol. Pantai Perawan merupakan tempat refreshing yang wajib dikunjungi karena deburan ombaknya cenderung tenang. Airnya pun cukup bersih, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan warna biru yang menakjubkan. Kalau tertarik melakukan aktivitas di pantai ini, kamu juga bisa mencoba aneka permainan air seperti banana boat, sofa boat,kano, dan menaiki Jet Ski. Menyaksikan matahari terbenam juga menjadi kegiatan tak terlupakan di pantai ini.

4. Pantai Sawarna

Jika pantai Ancol atau Anyer terlalu ramai bagimu, kamu bisa mengunjungi pantai Sawarna yang lebih sepi. Pantai ini bisa dikatakan masih alami karena belum terlalu dikembangkan secara maksimal seperti pantai-pantai lain di sekitar Jakarta. Pantai ini terbagi menjadi tiga lokasi wisata pantai, di antaranya Pantai Catir, Pantai Bokor, serta Pantai Karang Taraje. Pantai ini menawarkan keseruan olah raga snorkling atau diving, bahkan cave tubing. Hal tersebut dapat dilakukan karena pantai ini dikelilingi oleh wilayah bebaruan kapur yang memiliki beberapa goa. Pantai ini juga telah didukung oleh fasilitas penginapan dan beberapa tempat makan.

5. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu wisata pantai di Jakarta yang berada di Kepualauan Seribu yang tentunya tidak boleh dilupakan. Pulau Tidung adalah paduan pasir pantai putih dan laut tenang yang cocok untuk kamu yang ingin berlibur dalam kedamaian. Pulau ini sendiri dibagi menjadi dua yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Pada Pulau Tidung Besar terdapat penduduk dengan jumlah terbanyak di antara pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu harus menempuh perjalanan selama tiga jam dari Pelabuhan Muara Angke.

6. Teluk Jakarta

Teluk Jakarta adalah kawasan yang masih dalam satu wilayah dengan Kepulauan Seribu. Ada banyak yang bisa dilakukan di sini seperti menyewa kapal untuk berkeliling. Kamu bisa menyewa kapal dari Ancol atau menggunakan kapal milik nelayan yang ada di Teluk Gong, Tangerang. Di sini juga tersedia cottage yang bisa kamu sewa untuk menghabiskan malam dan menjauh sejenak dari penatnya Jakarta. Asyiknya, kamu juga bisa snorkeling untuk menyaksikan keindahan alam bawah lautnya.

6. Pulau Bidadari

Pulau bidadari merupakan salah satu destinasi wisata air di kepulauan Seribu yang masih masuk dalam kawasan pemerintahan Jakarta. Sebagai sebuah pulau, tentu Pulau Bidadari memiliki keindahan pantai yang sangat mengagumkan. Kebersihan air serta kebersihan pasirnya tidak diragunakan lagi. Untuk menuju ke pulau ini, wisatawan harus menyeberang dari Dermaga Marina (Taman Impian Jaya Ancol) dengan menggunakan speed boat selama kurang lebih 30 menit.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan dengan beristirahat di cottage darat atau cottage terapung. Pantai bagus di Jakarta ini juga dilengkapi oleh beberapa wahana olahraga, seperti olah raga air, beserpeda, atau sekedar bersantai menikmati suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan Jakarta.

7. Pantai Carita

Tempat wisata pantai di Jakarta dan sekitar selanjutnya adalah Pantai Carita. Pantai Carita memiliki pasir putih yang cantik dan air laut yang biru. Meskipun lokasinya berada di Banten, namun bahari Carita ini termasuk sebagai salah satu pantai terdekat ke ibukota Jakarta yang menjadi alternatif tempat liburan menenangkan bagi sebagian warga Jakarta. Di area Pantai Carita ini sudah banyak penginapan atau villa untuk tempat bermalam, dan juga fasilitas hiburan lainnya.

8. Pulau Pramuka

Pulau ini letaknya ada di tengah gugusan laut dari Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka hadir menyuguhkan keindahan laut dipadu dengan hamparan pasir putih dan aneka biota serta terumbu karang. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di pulau ini seperti misalnya snorkeling, memancing, berkano, diving atau sekedar menikmati pantai yang indah. Di pulau ini juga kamu bisa melihat penangkaran penyu sisik yang akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan.

9. Pelabuhan Marina

Tempat wisata pantai di Jakarta yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pelabuhan Marina. Pelabuhan Marina atau Marina Bay merupakan salah satu dermaga Kapal Pesiar di Indonesia yang mengadopsi konsep modern. Selain menjalankan fungsi utamanya sebagai tempat keluar masuknya kapal, Marina Bay juga menjadi wahana rekreasi. Wisata tepi laut Jakarta ini menyediakan berbagai wahana permainan air, di antaranya jek ski, wind surfing, atau diving.

10. Pulau Ayer

Satu lagi tempat wisata pantai di Jakarta yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Ayer. Untuk menuju Pulau Ayer, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 hingga 30 menit menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Ketika sudah sampai, kamu bisa pergi ke penginapan. Pulau Ayer sendiri menawarkan cottage biasa dan floating cottage. Keuntungan menginap di floating cottage adalah kamu bisa mendengar deburan ombak dan melihat hamparan laut yang luas. Bahkan, bisa memancing langsung dari teras cottage. Menariknya, kamu bisa melakukan aktivitas di air seperti banana boat, surf bike atau jet ski. Ketika menjelang sore, kamu juga bisa menikmati suasana pantai dan sunset indah yang memanjakan mata.

Nah itulah 10 tempat wisata pantai di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Bagi warga Jakarta, berlibur dan melepas penat tak perlu jauh-jauh, sebab di Jakarta dan sekitarnya, ada tempat wisata pantai yang indah, yang cocok dijadikan tempat berlibur melepas penat.

Share This Article