Kabupaten Natuna menjadi jauh lebih terkenal dalam beberapa pekan terakhir. Bukan karena potensi wisata yang indah dan memesona, tapi karena kawasan Natuna diperebutkan oleh negara lain karena sumber daya alam yang dimilikinya.

Natuna merupakan salah satu kabupaten di Kepulauan Riau dengan kekayaan alam melimpah, berupa pantai dan dataran berbatu. memiliki beragam objek wisata yang indah untuk dijelajahi dan terdapat banyak taman bumi atau geopark, yang menegaskan Natuna merupakan salah satu daerah yang masih alami sehingga harus dijaga kelestariannya.

Selain wisata alam, Natuna juga memiliki destinasi wisata religi yang juga terkenal karena keindahannya. Alam bawah laut di Natuna juga sangat memesona dan kaya dengan biota laut. TripZilla sudah merangkum berbagai destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Natuna di bawah ini, jangan lupa dicatat ya!

1.  Cantik dan bikin rileks – Pantai Batu Kasah

Image credit: @rikasharsa

Pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Cemaga. Kata kasah berarti cantik dalam bahasa setempat, jadi dapat dianggap dari namanya bahwa Pantai Batu Kasah berarti pantai dengan bebatuan yang cantik.

Image credit: @yudsat303

Menurut cerita yang ada, bebatuan besar ini digunakan sebagai benteng untuk mengintai serangan bajak laut yang hendak menyerang. Pantai ini juga ramah untuk keluarga, karena sudah tersedia saung-saung untuk bersantai dan berair tenang sehingga cocok untuk berenang. Penasaran nggak ingin melihat secantik apa bebatuan di sana?

Lokasi: Cemaga Tengah, Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: 2,000 IDR.

2. Taman batu purba yang kece banget – Alif Stone Park

Image credit: @pilotdroneriau

Siapkan kamera kamu kalau ke sini, sebab banyak spot instagramable! Batu-batu yang tersebar di taman ini berasal dari zaman Megalitikum dan luasnya sekitar tiga hektar. Asal nama Alif adalah karena ada satu batu di sini yang tampak menjulang ke atas seperti huruf alif dalam bahasa Arab.

Image credit: @adted

Ada jembatan kecil yang menghubungkan satu batu dengan lainnya sehingga kamu lebih mudah untuk menjelajah. Kalau ingin berlama-lama di sini juga bisa, karena sudah dibangun penginapan sehingga kamu dapat memperoleh pengalaman mengesankan. Air laut di sini sangat jernih, sampai kamu dapat melihat ikan dan terumbu karang yang cantik dari atas.

Lokasi: Sepempang, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR.

3. Keunikan alami yang tiada duanya – Tanjung Datuk

Image credit: @disparbud_natuna

Kalau kamu ingin melihat matahari terbit dan terbenam, Tanjung Datuk ini adalah tempat yang populer. Dari kontur bebatuan yang ada, kamu bisa membayangkan betapa indahnya tempat ini saat disinari mentari pagi atau senja. Dengan air laut yang sangat jernih, kamu dapat melepas penat dengan bermain air dan melihat ikan berwarna-warni di dalamnya.

Image credit: @erdwin.rakun

Bebatuan yang sudah terbentuk berwarna hitam dan keras, tapi ada sebagian yang masih berupa pasir dan berwarna antara kekuningan hingga coklat. Jika kamu menjejak di bebatuan yang belum sepenuhnya terbentuk, akan terasa strukturnya yang masih rapuh. Meskipun perlu kewaspadaan, namun pola yang terbentuk dari batu-batu ini sangat cantik dipandang. Hati-hati jika ke sini dan ingin mendaki ke atas bukit bebatuan yang ada, ya!

Lokasi: Tanjung, Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR.

4. Nikmati kerindangan yang menyegarkan – Wisata Mangrove Semitan

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @kepriofficialtourism

Kalau ke Natuna, jangan melewatkan kesempatan datang ke Wisata Mangrove Semitan! Bukan hanya kegiatan melihat hutan bakau dari darat saja yang bisa dilakukan, kamu juga bisa mengikuti kegiatan susur sungai dan menjala ikan di muara Sungai Semitan. Seru banget sekaligus bisa menambah pengetahuan nih!

Ketika hari libur, tempat ini sangat ramai oleh masyarakat sekitar. Kamu dapat menikmati kuliner lokal dengan mengunjungi Kampung Semitan dan menginap di homestay yang dibuka oleh penduduk. Atmosfer di salah satu destinasi wisata Natuna ini juga santai dan cocok sekali untuk melepas penatmu.

Lokasi: Desa Pengadah, Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

5. Taj Mahal mini yang megah – Masjid Agung Natuna

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @maqishqillvisi (kiri), @indra515 (kanan)

Saat pertama kali melihat masjid termegah ini, kamu akan kagum dengan arsitekturnya sekaligus kemegahan pemandangan dengan Gunung Ranai sebagai latar belakangnya. Masjid yang dibangun tahun 2007 ini memiliki 20 buah kubah yang disusun dalam tiga tingkat dan bangunan utamanya memiliki satu kubah besar, enam kubah kecil dan 20 pintu. Setiap jumlah dan susunan bangunan di masjid ini sarat dengan makna religi yang mendalam.

Bagi kamu yang bukan penganut agama Islam, masjid ini juga layak disambangi karena merupakan masjid terbesar di Natuna. Kamu pun dapat menambah wawasan sejarahmu mengenai perkembangan agama Islam melalui kunjungan ke masjid ini.

Lokasi: Jemengan, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

6. Spot yang tidak kalah cantik di kaki gunung – Bukit Kapur

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @disparbud_natuna (kiri), @dedy_yudia (kanan atas), @dafifido (kiri bawah)

Terletak di kaki Gunung Ranai, objek wisata Natuna ini populer karena kamu dapat melihat bentangan alam Natuna yang indah dari ketinggian sekitar 400 mdpl. Di sini sudah dibangun balkon yang bisa digunakan untuk berfoto, sekaligus melihat pemandangan. Terdapat juga hutan pinus yang sudah ditata sehingga cocok untuk latar fotomu.

Medan kapur di sini juga cocok untuk yang ingin mencoba olahraga di luar ruang seperti bersepeda. Kalau lelah, jangan khawatir karena masyarakat sekitar sudah banyak membuka warung makan di sini.

Lokasi: Desa Ceruk, Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

7. Datangi pulau terluar yang luar biasa – Pulau Senua

Image credit: @wahyuiwa29

Pulau Senua adalah pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Di pulau eksotis ini kamu akan dimanjakan dengan pasir kuarsa putih dan alam bawah laut yang indah. Kamu juga bisa menemukan gua sarang walet yang unik dan menghadap langsung ke laut.

Berdasarkan cerita rakyat, nama Pulau Senua atau Pulau Senoa berarti berbadan dua. Ini karena Pulau Senua dianggap jelmaan seorang wanita hamil yang bernama Mai Lamah. Untuk menggalakkan pariwisata di pulau ini, setiap tahun pemerintah mengadakan Festival Pulau Senua di mana kamu bisa menikmati berbagai lomba olahraga air dan pantai, kuliner tradisional dan kesenian khas rakyat Natuna. Karena pulau ini tidak berpenghuni, maka jangan lupa membawa perbekalan sendiri saat piknik ke sini, ya!

Lokasi: Desa Sepempang, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

8. Pantai yang tidak pernah menjemukan – Pantai Sisi Serasan

Lelah karena perjalanan yang jauh menuju pantai ini akan terbayar saat kamu menjejakkan kaki di sini. Pantai Sisi memiliki garis pantai sepanjang tujuh kilometer dan pasir putih yang sangat bersih. Di salah satu destinasi wisata ngehits di Natuna ini, kamu bisa menemukan kedai makanan untuk bersantai. Pantai Sisi juga pernah mendapat gelar sebagai Best Undiscovered Beach versi Majalah Islands di tahun 2006, lho!

Image credit: @rinorinut

Jika kamu datang saat Lebaran, pantai ini ramai oleh penduduk yang mengadakan aneka lomba seperti tarik tambang, dayung sampan dan juga penampilan pemusik lokal. Belum ada hostel atau losmen di kawasan ini, namun kamu dapat menanyakan ke penduduk kalau mereka dapat menyewakan ruangan di rumahnya. Seru dan kamu dapat merasakan liburan yang menyatu dengan kehidupan masyarakat setempat.

Lokasi: Kampung Genting, Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

9. Menghirup udara alami yang menyejukkan – Tanjung Senubing

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @heriani_tobing (kiri), @erdwin.rakun (kanan)

Tanjung Senubing adalah salah satu taman bumi yang menyediakan pesona pemandangan yang lengkap dan wajib banget untuk kamu kunjungi! Kamu akan menemukan batu purba raksasa, gua bersejarah dan laut biru yang indah dalam satu lokasi. Bebatuan di sini membentuk pola yang unik dan salah satu spotnya yang terkenal adalah Batu Sindu. Ukuran batu-batu yang ada sangat besar dan memiliki bermacam bentuk yang menarik.

Kamu bisa tiba di atas bukit melewati jalanan aspal. Namun jika ingin menikmati keindahan lautnya kamu harus turun melewati jalan kecil berumput.  Pastikan kamu mengenakan sepatu yang cocok untuk hiking ke puncak untuk mengagumi pesona Tanjung Senubing dengan maksimal.

Lokasi: Ranai, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

10. Kecantikan bebatuan yang tidak ada habisnya – Pantai Batu Madu

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @mulkanhutabarat (kiri), @batumadu_natuna (kanan)

Batu-batu granit yang tersusun apik akan menyambutmu saat tiba di pantai ini. Penduduk sekitar menyebut tempat ini sebagai Pantai Batu Madu karena dulunya mereka menemukan sarang lebah madu di antara tumpukan batunya. Di pantai ini juga sudah ada berbagai wahana permainan air yang bisa kamu sewa dan juga lapangan voli.

Di pantai ini juga terdapat satu objek wisata batu yang disebut Batu Kuoun. Kalau kamu ingin menyeberang dari pantai menuju Batu Madu atau Batu Kuoun, maka kamu dapat menyewa sampan kulek atau rakit. Banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan membuat liburanmu ke pantai ini tidak akan membosankan.

Lokasi: Desa Cemaga, Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

11. Mendaki dan bermain di air terjun – Gunung Ranai

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @dio_ds (kanan), @disparbud_natuna (kiri)

Untuk kamu penggemar pendakian, Natuna juga mempunyai gunung yaitu Gunung Ranai dengan ketinggian 1,035 mdpl. Belum ada pengawas di gunung ini dan tidak ada warung makanan sehingga kamu harus membawa perbekalan sendiri jika ingin mendaki. Jika beruntung, kamu dapat menemukan hewan khas seperti elang ular Natuna dan sejenis monyet yang disebut kekah.

Saat masuk ke kedalaman hutan Gunung Ranai, kamu juga akan menemukan air terjun. Air terjun ini masih sangat alami dan berada di ketinggian 307 mdpl. Jika ingin menikmati tempat ini, jangan lupa membawa turun sampahmu ya supaya kebersihan dan kelestarian alam di sini terjaga!

Lokasi: Ranai, Bunguran Besar, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

12. Pantai dengan dekorasi yang modern – Pantai Piwang

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @famellacaroline (kiri), @yulita_peng (kanan),

Pantai Piwang ini dulu bernama Pantai Kencana. Dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya, pantai ini tampak modern dan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Pada malam hari, lampu berwarna-warni membuat tempat ini semakin hidup dan semarak.

Image credit: @qqfirdaoes

Penyuka olahraga juga bisa menjajal fasilitas panjat tebing, lapangan voli, lapangan sepak takraw maupun trek jogging yang ada di sini. Kamu bisa mengajak gengmu yang doyan selfie atau gemar berolahraga ke sini!

Lokasi: Ranai, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR.

13. Kerahkan kebolehanmu memancing – Selat Lampa Natuna

Selat Lampa ini memang merupakan pelabuhan tempat bersandar kapal-kapal besar. Selain itu, kamu juga bisa unjuk kebolehan memancing di sini. Ada juga sentra penjualan ikan segar di kawasan ini. Jangan lewatkan berburu ikan segar di Natuna yang kaya dengan hasil lautnya!

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @imran.gisane (kiri), @gilaaanngg (kanan)

Matamu juga akan disegarkan dengan pemandangan bukit yang menghijau dan gugusan pulau yang berjejer cantik di sini. Kamu dapat menemukan berbagai spot instagramable juga di sini yang akan membuat teman-temanmu iri.

Lokasi: Pelabuhan Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

14. Eksotisme pulau yang berlimpah ikan – Pulau Setai

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @disparbud_natuna

Satu lagi pulau yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya di Natuna, Pulau Setai. Selain memiliki sejumlah spot penyelaman yang bagus, kamu juga bisa mencoba menangkap ikan dengan tombak atau spear fishing karena sangat banyak ikan yang ada di perairan Pulau Setai ini.

Destinasi wisata Natuna
Image credit: @disparbud_natuna

Untuk menuju ke Pulau Setai, kamu dapat naik kapal dari Pelabuhan Selat Lampa. Dilihat dari atas, pulau ini benar-benar menggoda untuk didatangi, ya!

Lokasi: Seleman, Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
Harga tiket masuk: Gratis.

Selain objek-objek wisata di atas, masih banyak lagi destinasi wisata lain di Natuna yang menunggu untuk disambangi. Namun yang perlu diingat adalah selalu cek harga tiket masuk terlebih dahulu karena dapat berubah sewaktu-waktu.

Share This Article