Kalau lagi dapet alias datang bulan, akan ada masa-masanya kita mengalami fenomena biologis dan psikis yang bermacam-macam. Terkadang tanda-tanda ini bikin kita bingung, malu, dan uring-uringan sendiri. Sebenarnya, tanda datang bulan seperti apa sih yang tergolong normal? Yuk kita bahas sama-sama.

1. Pendarahan

FB: Natrawee Chiarasathid

Nah, tanda yang satu ini sudah jelas dihadapi cewek ketika sedang datang bulan. Dan flow tiap cewek itu berbeda-beda. Ketika pertama kali, cewek pastinya kaget begitu lihat noda darah di pakaian dalam. Setiap cewek juga pernah kok merasakan perasaan itu. Tapi nanti kamu pasti terbiasa kok.

Dan setiap orang itu berbeda-beda. Teman-temanmu mungkin hanya ganti pembalut sekali sehari, tapi kamu harus ganti setiap dua jam. Tapi, kamu harus memperhatikannya jika kamu mengalami pendarahan yang berlebihan, bisa-bisa kamu mengalami anemia.

2. Keram dan Rasa Nyeri

IG: @turtlekarnn

Kamu pasti pernah mendengar cerita seram tentang ini. Keram yang sangat parah dan bisa bikin kamu tiduran di kasur sambil kesakitan. Pada kenyataannya, tanda datang bulan ini juga sesuatu yang normal terjadi. Iya, rasanya bisa sangat sakit dan bikin kamu uget-ugetan di lantai kayak bayi.

Tapi cukup dengan pakai ibuprofen, nantinya rasa sakit itu juga menghilang dengan sendirinya. Kamu harus khawatir jika rasa sakitnya bikin kamu absen ke sekolah atau sampai nggak bisa bangun berhari-hari. Segera hubungi dokter kandungan ya jika begitu.

3. Doyan Makan

FB: Boonrada Boonprapapong

Datang bulan bisa bikin kita doyan makan. Ini fakta lho, bukan mitos. Jadi kalau kamu udah ngabisin cemilan ketiga kamu hari ini, terusin aja dan salahkan hukum alam yang membuat kita datang bulan. Yang penting, perhatikan apa yang kamu makan, supaya ngga jadi sumber jerawat.

4. Emosi Berlebih

FB: Piangfar Palayanon

Datang bulan bisa bikin kita doyan makan. Ini fakta lho, bukan mitos. Jadi kalau kamu udah ngabisin cemilan ketiga kamu hari ini, terusin aja dan salahkan hukum alam yang membuat kita datang bulan. Yang penting, perhatikan apa yang kamu makan, supaya ngga jadi sumber jerawat.

5. Jerawat

FB: Sareeda Prasitdumrong

Jerawat pasca-datang bulan itu hal yang paling malesin deh! “Minyak di wajah dipengaruhi oleh hormon kita,” jelas Dr. Holmes. Meningkatnya hormon saat datang bulan mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit kita yang bisa menyebabkan jerawat di wajah. Apalagi jika wajahmu sudah dari sananya berminyak.

6. Nyeri di Dada

IG: @pinnaclepoi

Kalau kamu melihat bahwa dadamu terlihat lebih besar daripada biasanya, itu normal saja. Itu juga adalah salah satu tanda datang bulanmu normal. Hormon estrogen yang tercipta pada masa menstruasi dapat membuat dadamu lebih lembut dari biasanya dan terkadang membengkak.

Pada intinya, biasanya tanda-tanda datang bulan yang timbul adalah hasil dari peningkatan kebiasaan yang kita miliki. Jika sebelumnya kamu sering berjerawat, jerawatmu bisa bertambah banyak pada saat menstruasi. Jika awalnya moodmood-an, hal itu juga akan menjadi lebih parah ketika datang bulan. Tapi, jika kamu mengalami gejala menstruasi padahal tanggal rutinnya masih lama, segera periksakan ke dokter ya.

Share This Article