Gaya hidup minimalis kini sudah mulai populer dan dijalani banyak pesohor dalam negeri. Gaya hidup ini dikatakan dapat membuat hidupmu lebih bebas dari stres dan beban, dengan cara memberi ruang lebih banyak dalam hidupmu secara materil dan finansial.

Dengan menjalani gaya hidup minimalis, kita jadi lebih peka pada apa yang sebenarnya kita butuhkan dan jauh dari rasa iri, boros, dan hedonisme. Seperti apa sih gaya hidup ini dan apa yang mesti dilakukan untuk memulainya? Berikut ini tipsnya.

1. Tulis Alasan Kenapa Kamu Ingin Hidup Lebih Minimalis

Bosan dikejar utang? Nggak pernah punya waktu untuk diri sendiri? Atau selalu susah tidur karena memikirkan hal-hal duniawi? Apa pun alasan yang membuat kamu terikat dengan hal-hal duniawi, tulislah semuanya dalam sebuah daftar. Daftar ini akan menjadi sumber kekuatan kamu saat memulai gaya hidup minimalis dan membutuhkan motivasi.

2. Sisihkan Hal yang Serupa

Lihatlah sekitar rumahmu. Jika kamu punya barang-barang fungsi atau tampilan yang sama persis, masukkan salah satunya ke dalam sebuah kotak. Barang tersebut bisa berupa T-Shirt, Jeans, pernil-pernil rumah tangga, dan barang yang bersifat dekoratif lainnya.

Setelah barangnya dimasukkan, lalu beri label “Duplikat” dan taruhlah kotak tersebut di sudut rumah. Jika dalam 30 hari kamu nggak mencari-cari barang yang sudah kamu taruh di kotak, maka donasikanlah boks tersebut.

3. Ciptakan Zona Tanpa Barang Tak Berguna

Ini bisa dimulai dari sebuah meja di sudut kamarmu. Pastikan meja itu selalu kosong dari barang-barang nggak berguna dan selalu dalam keadaan rapi. Jika kamu senang melihatnya, perluas zona sedikit demi sedikit. Dengan demikian, kamu akan memulai kehidupan minimalismu.

4. Bepergian dengan Bawaan Ringan

Jika nanti kamu bepergian, cobalah bawa barang-barang setengah dari yang diperlukan. Kamu bisa mencuci dan menjemur bajumu atau menggunakan barang yang sama beberapa kali. Rasakanlah bagaimana kamu bisa membawa beban yang lebih ringan.

5. Coba Ikuti Project 333 Challenge

Pada tantangan ini, kamu diminta untuk memilih pakaian, aksesoris dan sepatu dengan total sebanyak 33 buah, lalu masukan sisa bajumu ke tempat lain dan jangan dipakai. Gunakan 33 barang itu selama 3 bulan.

6. Menabunglah dengan Target

Uang untuk saat-saat darurat sangatlah penting dan dapat menyelamatkan kamu dari stres yang nggak perlu. Jika kamu terlilit utang saat ini, bayarlah minimal pembayarannya dan sisihkan uangmu dengan target yang kamu tetapkan sendiri, misalnya 5 juta. Jika kamu nggak punya utang tapi tetap boros, sisihkan uangmu per hari atau per minggu hingga kamu mencapai target.

7. Makanlah Seadanya

Tanpa disadari, kita memakan banyak waktu hanya untuk memikirkan mau makan atau masak apa. Cobalah kamu rencanakan pilihan makanan yang sama atau mirip setiap harinya, supaya kamu nggak perlu pusing memikirkan membeli bahan makanan yang berbeda-beda. Mungkin akan terasa membosankan pada awalnya, namun akan terasa kebaikannya setelah kamu coba.

Nah itulah 7 cara mudah untuk memulai gaya hidup minimalis. Gaya hidup ini berguna agar kamu nggak tenggelam dalam gaya hidup hedonisme dan konsumerisme. Dan juga akan membuatmu merasa lebih plong dan bebas.

Share This Article