Brush atau kuas makeup adalah salah satu peralatan yang wajib dimiliki wanita. Hasil riasan akan semakin sempurna bila mengaplikasikannya dengan brush makeup.

Hampir dipakai setiap hari, kamu harus jaga kebersihan brush makeup milikmu. Jangan sampai brush makeup jadi ladang bakteri dan penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara merawat brush makeup agar higienis dan awet. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Cuci Brush Makeup Secara Rutin

brush makeup
Ilustrasi mencuci brush makeup. (Allure)

Pastikan brush makeup kamu selalu dicuci setiap seminggu sekali. Ingat, bakteri itu tidak bisa terlihat dengan kasat mata. Kamu tidak tahu ada berapa banyak bakteri pada brush makeup yang tidak dibersihkan.

2. Cuci Brush dengan Air Hangat

brush makeup
Ilustrasi brush makeup. (Unsplash/Jamie Street)

Gunakan air hangat ketika mencuci brush makeup. Jangan sampai air terlalu panas atau terlalu dingin, karena ini bisa bikin brush cepat rusak.

3. Gunakan Sabun yang Tepat

brush makeup
Ilustrasi mencuci brush makeup. (Wnova)

Mencuci brush tidak cukup hanya dengan air saja. Gunakan juga sabun yang tepat tanpa mengandung parfum. Kamu bisa cuci brush dengan sabun bayi atau sabun khusus pembersih brush.

4. Bungkus Brush Makeup dengan Tisu atau Plastik Pelindung

brush makeup
Ilustrasi brush makeup yang tidak dibungkus. (Unsplash/Raphael Lovaski)

Jangan lupa untuk menyimpan brush makeup dengan tisu atau plastik pelindung supaya tetap higienis dan awet. Pembungkus ini juga berguna agar tidak ada debu yang menempel.

Nah, itu dia cara merawat brush makeup supaya lebih higienis dan awet.

Share This Article