Memulai bisnis bisa dari hobi. Pasalnya, dengan sesuatu yang disukai, kamu bisa lebih mendalami bisnis yang digeluti.

Memulai bisnis dari hobi yang kamu sukai dapat memuluskan cita-citamu menjadi pebisnis andal.

Seperti yang banyak orang bilang, kita harus melakukan apapun sesuai dengan yang kita sukai. Namun, tak banyak orang mewujudkannya berdasarkan apa yang mereka sukai.

Jika kamu salah satunya, gak usah khawatir. Pasalnya, kini kamu mewujudkan cita-citamu sebagai seorang pebisnis lewat hobi yang digemari. 

Tapi, bagaimana cara mewujudkannya? Yuk, ketahui caranya di sini:

Ajarkan Hal yang Disukai dan Dikuasai

studio tari
Ajarkan Hal yang Disukai dan Dikuasai (Shutterstock)

Hal pertama dan paling mudah untuk menghasilkan uang dari hobi ialah menyalurkan apa yang disukai dan dikuasai kepada orang lain. 

Misalnya, kamu suka menari, maka bisa mengajarkan seni tari itu kepada orang lain dengan membuka sanggar di rumah. Kamu bisa menyalurkan hobimu itu kepada anak-anak sekolah ataupun orang dewasa. 

Gak cuma itu saja, kamu yang hobi memasak, melukis, balet atau bahasa asing bisa pula mengajarkan hal yang kamu sukai itu ke orang lain agar mereka bisa juga menguasainya.

Selain membuka kelas di rumah, kamu juga bisa menawarkan layanan ke sekolah-sekolah.

Menulis Buku

seseorang dengan buku dan laptop di meja
Menulis Buku (Shutterstock)

Nah, untuk kamu yang suka menulis dan copywriting, menuangkan tulisan dalam bentuk buku yang dirilis secara independen bisa membantumu memulai bisnis.

Menyalurkannya secara independen hanya perlu strategi pemasaran dan self branding. Dengan begitu, kamu dan buku buatanmu bisa terkenal.

Menjual Hasil Kreasimu Sendiri

seorang wanita tengah mengabadikan lukisan ciptaannya
Menjual Hasil Kreasimu Sendiri (Shutterstock)

Sama halnya seperti dua poin sebelumnya, menjual hasil kreasimu sendiri bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak.

Banyak proses kreatif yang bisa diuangkan. Mulai dari lukisan, rajutan, hingga kerajinan tangan lukis kini banyak dipasarkan.

Untuk membuat produk-produk kreasimu dikenal dan dipasarkan, perlu strategi bisnis yang tepat.  

Salah satunya ialah menjualnya secara online atau di toko hingga dijajakan di berbagai acara bazaar, terutama yang berkaitan dengan produk-produk kerajinan. 

Selain itu, di era serbadigital seperti saat ini, kamu bisa memanfaatkan influencer untuk membantu memasarkan produk buatanmu.

Itulah tiga cara jitu kamu menjadi pebisnis dengan menjual sesuatu yang menghasilkan dari hobi. Semoga bisa menginspirasimu!

Share This Article