Di masa modern seperti saat ini, lingkup karier bagi perempuan sangat terbuka lebar. Kita bisa meniti karier di industri apapun sesuai dengan keinginan dan keahlian yang kita miliki. Bahkan saat ini, industri science, technology, engineering, and mathematic (STEM) tak terbatas hanya untuk pria. Perempuan pun bisa berkarier di bidang tersebut dan memegang jabatan tertinggi di perusahaan STEM tersebut.

Salah satu perempuan yang berhasil memegang jabatan tinggi di perusahaan STEM yakni Shinto Nugroho. Shinto kini menjabat sebagai Chief of Public Policy and Government Relations di perusahaan platform multi-layanan, Gojek. Shinto memimpin semua pekerjaan di Gojek terkait kebijakan dan keterlibatan dengan pemerintah. Shinto punya lebih dari 15 tahun pengalaman sebagai pengacara dan publik spesialis kebijakan.

Karier Shinto di industri teknologi sendiri dimulai ketika ia bergabung dengan Google Indonesia yang berfokus pada masalah kebijakan publik. Lebih jauh, sebelum bergabung dengan Google Indonesia, lulusan Columbia Law School and the London School of Economics and Political Science ini juga pernah bekerja sebagai asisten khusus Menteri Perdagangan Indonesia.

Dalam acara Indonesia Online Festival Vol. 02 (1/8) kemarin, Shinto memberikan tips kepada millennial perempuan yang ingin memulai kariernya di industri teknologi. Setidaknya ada tujuh hal yang harus kamu perhatikan kalau kamu ingin berkarier di dunia STEM. Apa saja, ya?

1. Punya rasa ingin tahu yang tinggi dan suka dengan tantangan

Hal pertama yang harus kamu miliki jika ingin berkarier di dunia STEM adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka dengan tantangan. Kalau kamu memiliki dua hal ini, kamu nggak akan merasa bosan dan selalu merasa terpacu untuk menyelesaikan tantangan berbeda yang akan kamu hadapi setiap harinya.

2. Percaya kepada diri sendiri kalau kita bisa menghadapi tantangan

Tantangan atau masalah yang akan kamu hadapi intensitasnya mungkin berbeda. Ada tantangan yang tingkat kesulitannya tinggi sampai harus berhari-hari untuk menyelesaikannya, ada pula tantangan yang tidak terlalu sulit. Apapun tantangan yang akan kamu hadapi, kamu harus percaya pada diri sendiri kalau kamu bisa menghadapinya.

3. Jangan menyerah saat kesulitan

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, dalam pekerjaan yang sedang kamu tekuni akan ada saja tantangan yang kamu hadapi. Selain percaya akan kemampuan diri, kunci lainnya agar kamu sukses berkarier di industri STEM adalah tidak menyerah saat menghadapi kesulitan. Memang berat saat menghadapinya, namun jika kamu berhasil melewatinya kamu akan merasakan kalau tantangan tersebut adalah pelajaran berharga untuk kariermu di kemudian hari.

4. Bangun relasi yang baik di mana pun berada

Poin selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah bangun relasi yang baik di mana pun kamu berada. Poin ini sebenarnya bisa kamu terapkan di bidang pekerjaan apapun karena relasi atau networking sangat penting kamu bangun sebagai penunjang kariermu kelak. Mungkin saja dari relasi yang penah berkenalan denganmu, kamu bisa belajar banyak hal yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

5. Cari mentor untuk diskusi

Tak ada yang mengatakan kalau industri STEM adalah dunia yang mudah. Banyak belajar menjadi kunci sukses berkarier di dunia yang sangat dinamis tersebut. Ada baiknya jika kamu ingin berkarier di industri teknologi, kamu memiliki mentor yang tepat dan bisa diajak berdiskusi jika kamu membutuhkan bimbingan atau masukan.

6. Jangan malu untuk banyak bertanya

Portrait of a happy attractive woman using mobile phone while holding cup of tea and leaning on a table with laptop computer at home

Kalau kamu merasa kesulitan dengan pekerjaan di dunia teknologi yang sedang kamu jalani, jangan malu untuk bertanya. Sebab, informasi yang kamu dapatkan dari pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan akan sangat berguna saat kamu bekerja nantinya.

7. Jangan baper dan drama

Close up hand of female typing on keyboard of laptop on table, working with technology device in modern office

Terakhir dan yang paling penting adalah, jangan baper dan nggak drama. Kesalahan atau kejadian memalukan pasti akan kamu hadapi saat bekerja nanti. Namun, semua kesalahan dan kejadian itu akan berlalu seiring berjalannya waktu, kok. Jangan baper dan drama kalau kamu mengalaminya. Tetap profesional dan lakukan pekerjaanmu dengan baik ya, Bela.

Itu tadi tips dari Shinto Nugroho untuk kamu yang ingin terjun ke dunia teknologi sebagai bidang pekerjaanmu. Ada yang berminat juga, Bela? Tulis di kolom komentar, ya.

Share This Article