Indonesian Idol merupakan salah satu ajang pencarian baka tarik suara yang paling bergengsi di tanah air. Jebolan penyanyi Idol ini kebanyakan terjun ke dunia tarik suara dan masih terus terdengar gaungnya, bahkan setelah bertahun-tahun pasca mereka dinobatkan sebagai juara. Nama-nama seperti Judika, Delon, Gisella Anastasia, Abdul, Marion Jola adalah penyanyi yang pernah mencicipi panggung Indonesian Idol.

Tahun 2020 sendiri, dua nama yang keluar sebagai juara adalah Lyodra Ginting dan Tiara Anugrah. Penampilan mereka sukses memukau dewan juri dan jug­­­a penonton dari seluruh Indonesia. Gak heran, kalau sekarang karier keduanya semakin bersinar.

Bakat bermusik dan kemampuan menyanyi Lyodra Vs Tiara

Bisa menjadi juara dan runner up Indonesian Idol 2020, baik Lyodra maupun Tiara sudah punya ketertarikan dengan musik sejak kecil. Lyodra–berdasarkan pengakuan orang tuanya—adalah anak yang punya mimpi menjadi seorang penyanyi. Meski tak lahir dari keluarga musisi, orang tua Lyodra sudah mengetahui bakatnya sejak ia duduk di bangku kelas 1 SD. Potensi tersebut terus berkembang seiring dengan umur Lyodra yang semakin bertambah.

Sedangkan Tiara, ia lahir dari keluarga seniman. Kemampuan bermusik diwarisi Tiara dari sang ayah, Deddy Nugroho. Enggak heran kalau kemudian menyanyi adalah salah satu mimpi yang sudah ia idamkan sejak kecil. Panggung idol adalah pembuktian diri, di mana semua orang mengakui bahwa Tiara punya suara yang luar biasa indah.

Penyanyi yang sering tampil di panggung acara festival

Sebelum ikut audisi Indonesian Idol, Lyodra dan Tiara adalah penyanyi yang kerap tampil dalam berbagai acara festival. Lyodra pernah tergabung dalam project ‘Di Atas Rata-rata’ yang digarap oleh Erwin Gutawa. Selain itu, sebelum Indonesian Idol, Lyodra sudah ikut dalam ajang Indonesia Mencari Bakat 4. Pada 2017 lalu, ia kembali unjuk kebolehan dengan menjuarai ajang Festival Sanremo Junior, Italia. Berkat prestasi ini, Lyodra berhasil memenangkan AMI Awards untuk kategori Artis Solo Perempuan Anak-anak Terbaik.

Tak kalah dari Lyodra, Tiara juga kerap menjadi bintang tamu dalam berbagai festival menyanyi. Pada 2018 lalu, ia berhasil memukau turis lokal dan internasional yang hadir di Jember Fashion Carnaval. Pada perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Tiara juga ambil peran di acara penutupan olimpiade olahraga ini. Bahkan, ia sempat berpose bareng Super Junior yang juga menjadi pengisi acaranya loh. Hebat banget kan?

Musisi yang mempengaruhi karier Lyodra dan Tiara

Pernah ikut dalam project DARR garapan Erwin Gutawa, karier musik Lyodra banyak dipengaruhi oleh project tersebut. Gita Gutawa bahkan menjadi saksi perkembangan menyanyi Lyodra dari seorang gadis kecil hingga sekarang menjadi musisi idola millennial. Berbagai genre lagu, mulai pop hingga jazz juga sudah pernah dicoba oleh Lyodra.

Tak kalah, Tiara menyebut ada banyak nama yang berperan dalam kariernya selama bermusik. Salah satu dari mereka adalah almarhum Didi Kempot. Tiara sering sekali membawakan lagu-lagu campursari yang dinyanyikan oleh Didi Kempot di panggung. Meski begitu, Tiara juga menguasai genre ballad, pop, jazz, hingga dangdut. Gak heran kalau kedua penyanyi berbakat ini selalu berhasil memukau pendengar.

Popularitas Lyodra Vs Tiara setelah menjadi sang idola

Tampil dengan menyanyikan lagu And I’m Telling You I am Not Going dari Jennifer Hudson, lagu itu ternyata sukses membawanya menjadi jawara baru. Keduanya kemudian merilis lagu dengan judul ‘Gemintang di Hatiku’ dengan aransemen yang berbeda. Namun, setelah keduanya menjadi juara, netizen menyebut bahwa Tiara lebih populer dari Lyodra.

Hal tersebut terbukti dengan Tiara lebih sering berkolaborasi dengan musisi lain, seperti Dul Jaelani dan sering wira-wiri di layar kaca. Tiara juga mengungkap bahwa ia akan merilis single keduanya, lagu yang diciptakan oleh Yovie Widianto. Sementara Lyodra juga sempat terdengar akan rilis single baru, hanya saja masih belum tau kapan, karena masih menunggu wabah corona reda.

Baik Lyodra maupun Tiara, keduanya adalah aset masa depan dalam dunia permusikan Indonesia. Sama-sama punya suara yang unik dan memukau, usia yang masih muda, jejak karier Lyodra dan Tiara masih sangat panjang ke depannya.

Share This Article