Bosan berakhir pekan di rumah? Ingin liburan tapi malas bepergian ke tempat wisata? Staycation di hotel mungkin bisa menjadi alternatif yang pas untuk mendapatkan nuansa dan suasana baru yang asyik. Tapi, memilih hotel untuk staycation di akhir pekan juga butuh kiat dan tips tersendiri. Jika tidak, liburan yang diharapkan bisa berakhir menyenangkan dan mengesankan, bisa berkesudahan dengan sama sekali kurang mengasyikkan.

Dengan banyak hotel dan beragam jenis penginapan yang tersebar di seluruh wilayah, baik di dalam maupun di luar negeri, tips memilih hotel untuk staycation di akhir pekan ini bisa kamu ikuti untuk mendapatkan nuansa baru yang menyenangkan. Cekidot, ya!

1. Tips pertama memilih hotel untuk staycation, pilih lokasi yang asyik!

Hotel di dalam gang juga bisa menyenangkan jika sesuai dengan konsep staycation kamu | Image credit: Pixabay

Lokasi akan sangat menentukan apakah staycation kamu akan berakhir menyenangkan atau malah mengesalkan. Jika ingin staycation yang tenang, memilih hotel yang jauh dari pusat keramaian bisa menjadi pilihan. Demikian juga sebaliknya jika kamu tidak suka dengan suasana yang sepi. Kamu bisa menentukan apa yang terbaik sesuai definisi staycation kamu sendiri.

2. Lihat fasilitas yang disediakan

Tanpa fasilitas yang memadai, seperti kolam renang, staycation di hotel bisa sama sekali tidak menyenangkan | Image credit: Age Global Group

Tips penting memilih hotel untuk staycation yang menyenangkan adalah dengan melihat fasilitas yang ditawarkan penginapan. Jika ingin bersantai-santai di hotel sepanjang hari, fasilitas penunjang sudah sepantasnya harus mumpuni, mulai dari jaringan internet nirkabel dengan kecepatan tinggi, kolam renang, pusat kebugaran, layanan spa dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, jika hotel yang diincar tidak memiliki fasilitas yang asyik dan tidak mendukung staycation kamu, lebih baik cari opsi lain saja!

3. Membandingkan harga (dan maksimalkan promo yang tersedia)

Ada kualitas ada harga. Tapi tidak jarang pula dengan harga yang miring, kamu masih bisa mendapatkan kualitas yang asyik dan mengesankan. Karena itu, untuk bisa mendapatkan hotel yang asyik buat staycation, rajin-rajinlah membandingkan harga dan memaksimalkan promo yang tersedia. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan harga kaki lima untuk hotel bintang lima?

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan pembelian melalui saluran online, baik melalui pihak ketiga atau langsung di web resmi hotel. Bukan tidak mungkin, lho, harga yang kamu dapatkan bisa jauh lebih murah dari harga normal!

4. Pilih waktu yang tepat

Memilih hotel juga sama seperti memilih tiket penerbangan menggunakan pesawat. Di waktu tertentu, ada kemungkinan kamu bisa mendapatkan harga terbaik dan jauh lebih murah. Kamu juga harus mempertimbangkan masa khusus liburan atau peak season, yang pastinya akan membuat harga kamar hotel mengalami kenaikan, dan pastinya semakin sulit didapat karena banyaknya persaingan. Perhatikan pula tanggal kejepit di antara hari libur, ya!

5. Perhatikan review hotel!

Meski banyak yang mempertanyakan ke-valid-an di sejumlah situs pemesanan hotel, review dari pengunjung tetap memegang peran penting untuk menentukan apakah staycation kamu bisa berakhir mengesankan atau tidak. Perhatikan komentar dan pendapat yang sudah diberikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih hotel, sekaligus untuk meletakkan harapan yang tidak terlalu tinggi mengenai hotel pilihan kamu.

Tips memilih hotel untuk staycation ini diharapkan bisa menjadi modal yang bagus untuk mendapatkan liburan yang mengesankan. Semoga bermanfaat!

Share This Article