Padahal videonya sudah dilihat 19 juta orang lebih

Belum lama ini, nama Kekeyi kembali menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, ia merilis sebuah lagu berjudul ‘Keke Bukan Boneka’ yang diunggah di kanal YouTube miliknya. Lagu tersebut kemudian viral dan ditonton oleh lebih dari 18 juta orang. Namun, di tengah viral lagu tersebut, netizen malah menyebut bahwa lagu milik Kekeyi mirip dengan lagu Rinni Wulandari yang dirilis pada tahun 2007 lalu.

Hal ini berlanjut dengan video Kekeyi yang di-takedown oleh YouTube. Sampai saat ini, video tersebut sudah tak tersedia dan menghilang begitu saja. Banyak netizen yang menilai bahwa hal ini tak adil untuk Kekeyi yang sudah berusaha maksimal demi konten tersebut.

Menjadi trending #1 di YouTube

Baru diunggah beberapa saat, video tersebut sudah menjadi trending satu dan mendapat jutaan viewers. Bahkan, video Kekeyi mengalahkan beberapa klip lagu k-pop yang trending di saat yang sama. Tak hanya itu saja, lagu tersebut menginspirasi banyak orang tampaknya. Ada beberapa musisi ternama yang mengcover ulang lagu Kekeyi, seperti Kevin Aprilio, Aviwkila, hingga Mawang. Tak hanya itu, para beauty vlogger juga meng-create ulang penampilan Kekeyi saat menyanyikan lagu tersebut.

Klarifikasi Rini Wulandari terkait video yang di-takedown

Meski duduk di posisi trending satu, karya itu disebut netizen menjiplak lagu Rinni Idol yang hits pada tahun 2007 lalu. Bahkan, dari judulnya juga hampir sama. Hak cipta lagu berjudul ‘Aku Bukan Boneka’ yang dinyanyikan oleh Rinni Idol sendiri dimiliki oleh Sony Music. Video Kekeyi kemudian di-takedown dan menghilang dari YouTube. Karena takedown inilah, Rinni tampaknya diserang oleh netizen. Rinni pun memberikan klarifikasi bahwa takedown itu tak ada sangkutpaut dengan dirinya, mengingat ia yang lagi ada dalam management Sony Music. Tapi, kalau kalian kembali membuka kanal Kekeyi, videonya sudah kembali kok, dan masih ada di trending #1.

Curhat Kekeyi terkait lagunya yang menjadi trending

Setelah permasalahan pelik terkait dirinya yang dituding menjiplak, Kekeyi berkomentar tentang lagu tersebut dalam kanal YouTube Anji. Dalam video yang diunggah pada 31 Mei tersebut, Kekeyi menjadi bintang tamu dan menceritakan detail dari lagu berjudul ‘Keke Bukan Boneka’ ini. Menurut Kekeyi, lagu itu tercipta dari pengalaman pribadinya, serta tak ada kaitannya dengan lagu ‘Aku Bukan Boneka’ yang dinyanyikan oleh Rinni Idol. “Aku tidak berniatan buruk atau mengambil lagu orang. Aku minta maaf kalau ada yang salah paham tentang hal ini. Aku hanya niat buat lagu dan bener-bener gak tahu kalau ada bagian yang sama,” ucapnya.

Dukungan untuk Kekeyi

Karena videonya sempat di-takedown oleh YouTube, beberapa musisi memberikan dukungan kepada Kekeyi. Salah satunya adalah Kevin Aprilio. Dalam unggahan Instagram-nya, Kevin mengungkap bahwa takedown sepihak tersebut adalah hal yang salah. Penurunan video itu seharusnya harus dibicarakan secara baik-baik bersama Kekeyi. Ia bahkan mem-posting isi DM Instagram-nya bersama Kekeyi. Pendapat Kevin ini bahkan juga disetujui oleh sang ayah, Addie MS.

Setelah sempat menghilang, video tersebut kita kembali menduduki puncak trending dan hampir ditonton oleh 20 juta orang. Kekeyi sendiri sudah memberikan klarifikasi bahwa ia tidak melakukan plagiat dan mencontoh lagu lain dalam pembuatan videonya. Kamu sudah lihat videonya belum, guys?

Share This Article